Tekhnik Belajar agar TIDAK Bosan

Desember 05, 2018


Gambar terkaitBagi kalian yang pernah mengalami bosan dalam belajar entah itu belajar materi kimia, fisika, matematika maupun materi lainya. Mungkin pelajaran-pelajaran tersebut terlalu sering membawa kenangan buruk sehingga anda malas/ sulit memahami materinya, Menurut KBBI Bosan yakni “Sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak”. Materi sulit, banyak tugas dan masalah-masalah lain yang menghambat belajar ini sungguh menjadi tantangan yang sulit untuk membuat suasana belajar yang seru.
 
Apalagi belajar dengan di bayang bayangi tuntutan orang tua yang menuntut nilai bagus dan rangking 10 besar. Ya, hal tersebut membuat siswa stres dan tidak fokus belajar kemudian sulit memahami materi dan berujung kebosanan setelah itu meninggalkan belajar.

Cobalah berubah pola belajar anda agar tidak membosankan....!

Menurut beberapa pengalaman saya inilah Tekhnik Belajar agar TIDAK Bosan :

1. Selesaikan Urusan/masalah sebelum belajar
Beban Belajar

Nah, sebelum mulai belajar hal yang pertama agar tidak bosan belajar adalah perbaiki mood belajar dengan menyelesaikan urusan/masalah agar tidak menjadi ganguan saat belajar.
kan, gak enak bila belajar tidak fokus, pasti akan mengalami kebosanan bila kebosananya di paksakan akhirnya tidak ada materi yang masuk. Sama saja belajarnya sia-sia.

 JADI MENDING, LO SELESAIN DULU URUSAN/MASALAH LO....!







2. Buat Peta Pikiran
Hasil gambar untuk peta pikiran
Nah, bila mood belajarmu sudah baik, maka hal selanjutnya buat peta pikiran.

Kalian tau ga apa itu peta pikiran....?

Peta pikiran/ pemetaan pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. metode ini di perkenalkan oleh tony buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari inggris.
Kalian buat peta pikiran agar belajar lebih menguasai materi dan lebih menyenangkan karena belajar sambil bermain gambar dan warna. Di jamin gak bad mood.

3. Ganti Suasana Belajar
Gambar terkait
Bila 2 cara diatas masih membuat bosan, mungkin anda bosan dengan lingkungan belajar anda. Ganti lingkungan belajar anda seperti di taman atau di tempat lain. Dengan ganti suasana belajar maka semangat belajar tumbuh baru.

coba praktikkan dan rasakan.

4. Buat Kelompok Belajar
Hasil gambar untuk suasana belajar
Kita akan jadi satu dengan 7 teman kita. Dengan kata-kata itu kita dapat menerapkan dalam hal belajar, dengan membuat kelompok belajar.

membuat kelompok belajar dapat memiliki banyak keunggulan dari pada belajar sendiri. Beberapa keunggulanya berupa teman sebagai subplay semangat yang tinggi, teman sebagai guru dan lain sebagainya. Asik-kan dengan belajar kelompok.

5. Ganti Media Belajar
yang semulanya pake buku ganti dengan gadget.
Hasil gambar untuk suasana belajar
apalagi di jaman modern ini, belajar dengan gedget pasti mengasyikan. Lebih efesian dan lebih banyak ilmu yang bisa di serap dari para ahli-ahli di bidangnya di tambah dengan editan efek efek yang lebih berwarna sehingga tampilana tidak membuat bosan. cotnohnya belajar lewat video bisa di youtube, bisa belajar lewat artikel, dan lain sebagainya

it’s very good...!

terimakasi telah mebaca...




You Might Also Like

0 komentar